Mengenal Anantomi Seksual Wanita Lebih Dekat

KasaK KusuK - Anatomi seksual wanita dibedakan menjadi dua yaitu organ seksual eksternal wanita dan organ internal wanita

Organ Seksual Eksternal Wanita
Organ seksual eksternal wanita adalah organ seksual wanita yang terletak diiluar dan dapat dilihat meski hanya sebagian. Organ Seksual Eksternal
Wanita meliputi vulva, mons veneris, labia, klitoris, vestibula, pembukaan uretra, pembukaan vagina, dan perineum

  • Vulva
    Vulva adalah Organ reproduksi eksternal wanita yang terdiri dari rambut kemaluan, mons veneris, labia majora, labia minora, clitoris, vestibulum, pembukaan uretra, lubang vagina (introitus), dan perineum.
  • Mons Veneris
    Mons veneris (Latin untuk "bukit Venus") juga dikenal sebagai mons pubis adalah bantalan berupa jaringan lemak yang menutupi tulang kemaluan. Ada banyak saraf di ujung mons veneris dan beberapa wanita akan mendapatkan kenikmatan seksual dari menyentuh atau menekan mons veneris.
  • Labia Majora
    Labia majora juga dikenal sebagai bibir luar vulva. Sebagian besar labia majora terdiri dari kulit dan jaringan lemak yang memanjang ke bawah dari mons sampai perineum. Ada banyak ujung saraf pada labia majora. Mirip dengan mons, labia majora juga memberikan kenikmatan dari menyentuh atau memberi tekanan kepada daerah ini.
  • Labia Minora
    Labia minora atau bibir dalam vulva yang terletak di dalam labia majora terdiri dari lipatan kulit berbulu yang menghubungkan klitoris dan memanjang menurun melewati bukaan kemih dan vagina. Fungsi labia minora adalah untuk melindungi klitoris, uretra, dan vagina. Setiap wanita memiliki labia minora dengan bentuk, ukuran dan warna yang berbeda. Kadang labia minora tersembunyi di balik labia mayor, namun ada juga terlihat menonjol. Labia minora mengandung banyak kelenjar keringat, kelenjar minyak, pembuluh darah, dan ujung saraf. Labia minora juga sangat sensitif terhadap sentuhan.
  • Klitoris (Kelentit)
    Klitoris adalah organ seksual wanita yang terdapat di antara kedua labia minora tepatnya di bagian ujung atas. Klitoris banyak dialiri pembuluh darah dan urat syaraf, sehingga klitoris merupakan daerah yang sangat sensitif jika disentuh.

    Klitoris terdiri dari daerah memanjang yang disebut batang dan daerah bulat yang disebut kelenjar. Setiap wanita memiliki klitoris dengan ukuran dan bentuk yang berbeda. Klitoris identik dengan penis pada pria, karena memiliki bentuk yang sama. Jaringan dari bagian dalam biasanya menutupi batang klitoris sehingga bagian klitoris yang dapat dilihat hanya kelenjarnya yang seperti kancing. Cara melihat klitoris biasanya dengan mendorong kulit klitoris ke belakang.

    Banyaknya ujung saraf dalam klitoris membuatnya menjadi sangat sensitif terhadap rangsangan seksual. baik rangsangan langsung atau sentuhan maupun rangsangan tidak langsung. Seperti penis pada pria, klitoris akan menegang begitu mendapat rangsangan. Saat mendapat rangsangan, kelenjar dan batang klitoris terisi darah sehingga membuatnya membesar

    Setelah orgasme, kira-kira 10 menit, darah dalam klitoris akan mengalir keluar sehingga klitoris kembali ke ukuran semula. Bila seorang wanita tidak mengalami orgasme, darah yang telah mengalir ke dalam klitoris tetap berada disana, menyebabkan klitoris tetap membesar untuk beberapa jam. Banyak wanita tidak nyaman merasakan hal ini.

    Smegma dapat menumpuk di sekitar klitoris dan labia minora. Endapan smegma dapat menyebabkan rasa sakit selama berhubungan seksual. Smegma adalah kombinasi dari cairan kelamin, sel-sel kulit, dan bakteri yang menumpuk di daerah lembab dari kelenjar alat kelamin laki-laki dan perempuan. Anda dapat membersihkan smegma dengan membuka labia minora dan mencucinya dengan air.
  • Vestibula
    Vestibula adalah area vulva dalam labia minora. Vestibulum kaya pembuluh darah dan memiliki banyak ujung saraf yang sensitif terhadap sentuhan.
  • Pembukaan Uretra
    Uretra adalah tabung pendek yang menghubungkan kandung kemih ke pembukaan kemih yang merupakan tempat mengalirnnya urin keluar dari tubuh wanita.
  • Pembukaan Vagina (Introitus)
    Pembukaan vagina juga dikenal sebagai introitus terletak antara pembukaan uretra dan anus. Pembukaan vagina sebagian tertutup oleh selaput yang sangat tipis yang disebut selaput dara yang sudah ada pada saat lahir dan tetap utuh sampai ada penetrasi (penis). Biasanya wanita yang pertama kali berhubungan seks vagina selaput daranya akan pecah. Ini sering disamaartikan dengan hilangnya keperawanan wanita.
  • Perineum
    Perineum adalah daerah kulit halus vulva yang terletak di antara lubang vagina dan anus. Perineum memiliki banyak saraf ujung dan sensitif terhadap sentuhan.
  • Organ seksual Internal Wanita
    Organ seksual internal wanita adalah organ seksual yang terletak didalam atau tidak terlihat. Organ seksual internal wanita meliputi vagina, leher rahim, rahim, ovarium, dan saluran tuba
  • Vagina
    Vagina adalah sebuah kanal yang terbuka antara labia minora dan memanjang ke atas menuju leher rahim dan rahim. Vagina memiliki tiga lapisan jaringan, yaitu selaput lendir (membran mukosa), jaringan otot, dan jaringan fibrosa.

    Membran mukosa adalah lapisan jaringan yang Anda rasakan ketika Anda memasukkan jari ke dalam vagina. Dinding bagian dalam vagina terdiri dari jaringan lipat yang terasa lembut, lembab, dan hangat seperti perasaan dalam mulut. Sebagian besar lapisan kedua terdiri dari jaringan otot di sekitar pembukaan vagina. Lapisan ketiga mengelilingi lapisan otot terdiri dari jaringan berserat yang memungkinkan vagina untuk melebar dan kontraksi selama hubungan seksual.

    Fungsi vagina adalah untuk hubungan seksual, bagian untuk melahirkan, dan bagian untuk aliran menstruasi. Vagina adalah organ seks yang memiliki beberapa saraf ujung lebih sedikit dibanding dengan klitoris. Namun beberapa wanita mengalami lebih banyak kesenangan dan gairah dari rangsangan vagina daripada dari stimulasi klitoris.
  • Serviks (Leher Rahim)
    Leher rahim terletak di bagian belakang vagina. Serviks mengandung kelenjar yang mengeluarkan lendir serviks yang penting untuk memprediksi kapan Anda paling subur untuk hamil. Lendir serviks juga melindungi rahim dari infeksi bakteri. Serviks juga memiliki lubang yang disebut os yang memungkinkan sperma mengalir dari vagina dan masuk ke dalam rahim. Os juga memungkinkan cairan menstruasi mengalir dari rahim dan ke dalam vagina.
  • Rahim
    Rahim adalah organ reproduksi berongga di mana janin berkembang. Rahim memiliki panjang sekitar 3 inci dan lebar 2 inci pada seorang wanita yang belum pernah hamil. Dinding rahim terdiri dari tiga lapisan yang disebut perimetirum, miometrium, dan endometrium.

    Perimetirum adalah lapisan luar membran tipis yang menutupi bagian luar rahim.

    Miometrium adalah lapisan tengah yang terdiri dari lapisan otot yang memungkinkan rahim untuk meregang selama kehamilan dan kontraksi selama persalinan dan orgasme.

    Endometrium adalah lapisan dalam dari jaringan yang melapisi bagian dalam dari dinding rahim. Endometrium memelihara sperma dan sel telur yang telah bersatu ketika sel telur yang sudah dibuahi mengalir/bergerak dari tuba falopi ke uterus.
  • Tuba Falopi
    Tabung tuba adalah tabung 4-inci yang memanjang dari uterus menuju ovarium pada setiap sisi rongga panggul. Ujung luar saluran tuba disebut fimbriae yang berfungsi menarik indung telur ke dalam tabung setelah keluar dari indung telur. Kontraksi dinding tabung menggerakan sel telur sekitar 1 inci setiap 24 jam. Pada tahap ini telur bisa bertahan selama sekitar 24 sampai 48 jam setelah lepas dari indung telur.
  • Ovarium
    Setiap wanita memiliki dua ovarium. Ovarium memilki bentuk dan ukuran seperti kacang almond dan terletak di ujung tuba falopi di setiap sisi rahim. Ovarium mengandung sekitar 472.000 ovum dewasa saat lahir dan hanya sekitar 400 telur matang selama siklus menstruasi wanita dari masa pubertas sampai menopause.
  • Siklus Menstruasi
    Siklus menstruasi adalah rantai kompleks peristiwa dimana hipotalamus melepaskan bahan kimia yang merangsang kelenjar pituitari untuk menghasilkan dua hormon yang mempengaruhi indung telur, yaitu Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan Luteinizing Hormone (LH). FSH merangsang ovarium untuk memproduksi estrogen dan menghasilkan ovum yang matang dalam folikel (kantung kecil) dalam indung telur. LH berperan dalam pelepasan sel telur matang dari ovarium. Ada tiga fase dari siklus menstruasi, yaitu fase menstruasi, fase proliferasi, dan fase sekretori.
  • Fase Menstruasi
    Fase menstruasi adalah fase ketika menstruasi terjadi. Menstruasi adalah pendarahan bulanan wanita. Menstruasi terjadi sebagai akibat dari lapisan rahim yang tumpah dan lolos keluar dari tubuh melalui serviks dan vagina. Menstruasi terjadi jika pembuahan belum terjadi dan itu adalah tanda bahwa tubuh berfungsi normal.

    Panjang siklus diukur dari hari pertama mengalir ke hari pertama aliran berikutnya. Periode menstruasi dapat berlangsung antara 2 sampai 6 hari dan volume aliran menstruasi dapat bervariasi antara 30 sampai 40 mililiter. Setiap wanita mengalami siklus menstruasi dengan waktu yang berbeda, namun rata-rata wanita mengalami siklus menstruasi setiap 24-42 hari sekali.
  • Fase Proliferatif
    Fase proliferasi adalah fase yang ditandai dengan turunnya tingkat hormon progesteron dan estrogen dalam aliran darah selama fase menstruasi. Akibatnya, FSH dilepaskan oleh kelenjar hipofisis untuk meningkatkan produksi estrogen dan merangsang folikel untuk dewasa. Ketika produksi estrogen dalam aliran darah mencapai puncaknya, produksi FSH berhenti dan ini memicu produksi LH. LH menyebabkan sel telur matang melepaskan diri dari ovarium dan menuju ke tuba falopi. Setiap wanita memiliki panjang siklus yang berbeda selama menstruasi dan terlepas dari lamanya siklus, ovulasi biasanya terjadi 14 hari sebelum menstruasi berikutnya.
  • Tahap Sekretori
    Produksi LH berlanjut di fase sekresi di mana benjolan kekuningan yang timbul akibat folikel yang pecah yang disebut korpus luteum. Progesteron yang dihasilkan korpus luteum dan estrogen yang dihasilkan oleh indung telur kemudian mempersiapkan tubuh untuk kehamilan.
Jika pembuahan terjadi, seorang wanita menjadi hamil ketika telur dibuahi oleh sperma pria dan menempel pada dinding rahim. Jika pembuahan tidak terjadi, sel telur mati, hormon tingkat drop, dan lapisan rahim ditumpahkan dalam bentuk aliran menstruasi dan kembali ke fase menstruasi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar